INACOMP 2: Final Exam

Today I would like to present about my works for Interior Architecture Communication and Presentation 2 final exam. This exam was on June 20th, 2017. So, firstly, I will explain to you what's the exam for this semester. 

For this 2nd semester, my final exam is about appreciating famous-architect's work. I have to make a mock-up and a presentation on A1 paper with building's profile and architect's profile on it. This time, I got andramatin as my role model and I chose AM House (Andra Matin House) as my mock-up. 

So this is my work:




Andra Matin House, atau biasa yang disebut AM House, terletak di Jakarta Selatan. Rumah ini dibangun oleh Isandra Matin Ahmad, a famous Indonesian architect. Beliau terinspirasi dari suasana tropis di Indonesia, sehingga membuat banyak bukaan pada rumah ini dan banyaknya kebun yang dibangun. 

Material yang dipakai pun sangat alami. Beliau membangun rumah ini dengan finishing beton tanpa dicat, dan menggunakan kayu ulin, kayu yang terkenal kuat dari Kalimantan. Kayu ini tidak perlu dipelitur, dan juga tahan akan rayap. Kedua material ini, yang tidak perlu diberi banyak finishing, membantu dalam memperpanjang umur bangunan serta meminimalisir peremajaan pada bangunan. 

Rumah ini sendiri terdiri dari tiga lantai, yaitu Ground Floor, First Floor, dan Second Floor. Pada Ground Floor, bagian ini terisi dengan mushola, sebuah kamar, dan perpustakaan yang memiliki dinding kaca dan berhadapan langsung dengan kolam. Garasi juga terletak pada lantai ini. Di lantai ini juga, terdapat kamar mandi dari master bedroom yang terpisah dari bangunan utama. Kamar mandi ini terhubung langsung dengan master bedroom menggunakan tangga yang berada di dalam ruangan. Pada first floor, terdapat ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang tidak bersekat. Ruangan ini juga dibuat terbuka, menghadap ke kolam renang. Selain itu terdapat pula master bedroom yang terpisah oleh kebun, dihubungkan dengan ramp ke bangunan utama di lantai satu maupun lantai dua. Sedangkan second floor, terdapat tiga buah kamar anak. Di rooftop, terdapat kebun lagi dengan kolam yang mengelilingi kebun tersebut. 

Detail lain dari maket yang saya buat:











Comments

Popular Posts